Kamis, 24 Februari 2011

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN 
PENGURUS KPRI " JOYOBOYO" KOTA KEDIRI
TUTUP BUKU 2010


PENDAHULUAN :

            Mengawali penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus KPRI JOYOBOYO Kota Kediri tutup buku 2010 ini; disampaikan hal hal sebagai berikut :

1.    Dalam rangka pengembangan organisasi KPRI “ JOYOBOYO “ dimasa mendatang maka berdasarkan keputusan Rapat Anggota Tahunan tutup buku 2009, pada tanggal 29 Desember 2010 telah dilaksanakan Rapat anggota Khusus untuk menetapkan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KPRI “ JOYOBOYO “  Kota Kediri
2.    Dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi dan mendekatkan komunikasi antara Pengurus, Badan pangawas dan anggota telah dibuat media komunikasi yang memanfaatkan jalinan on line internet yaitu dengan dibuatnya blog dengan nama : www.kprijoyoboyo.blogspot.com serta sebuah email dengan alamat : kprijoyoboyo.gmail.com
3.    Setelah mendapatkan pertimbangan dan saran dalam rangka pengelolaan usaha pertokoan maka dalam tahun buku 2010, telah dilaksanakan pengelolaan secara khusus usaha pertokoan dengan modal awal  Rp 1.000.000,- yang dimulai secara efektif sejak bulan Januari 2010.  Karena masih dalam tahap uji coba maka hasil usaha pertokoan ini belum dimasukan dalam perhitungan sisa hasil usaha tutup buku 2010.
4.    Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesejahteraan kepada Anggota, Pengurus/BP dan Karyawan  , maka seiring dengan kemampuan koperasi telah disediakan anggaran kesejahteraan kepada anggota, karyawan maupun pengurus/badan pengawas. Jumlah anggaran yang disediakan tersebut diatas berjumlah Rp  Rp 203.250.926,-  untuk anggota,Rp 22.583.436,-   untuk karyawan, Rp  45.166.873  untuk Pengurus dan Badan Pengawas.
5.    Pembagian dan perbandingan  alokasi penyediaan anggaran kesejahteraan diatas ditetapkan berdasarkan prosentase pembagian SHU sebagaimana ketentuan dalam Anggaran Dasar Koperasi yaitu :
a.    Pembagian untuk anggota sebesar =  45 %
b.    Pembagian untuk karyawan  = 5 %
c.    Pembagian untuk Pengurus termasuk Badan Pengawas =  10 %
6.    Pada Tahun buku 2010 SHU yang dicapai tidak sebesar yang dicapai dalam  tahun buku 2009,  pada tahun buku 2010 SHU yang dihasilkan berjumlah Rp.180.667.490,-  , terjadinya penurunan SHU pada tahun 2010 karena pada tahun 2010 disediakan anggaran sebesar  Rp. 271.001.235 untuk kesejahteraan anggota, pengurus/Badan pengawas dan karyawan.                            
7.    Dalam kesempatan ini perlu disampaikan penjelasan secara khusus tentang SHU dalam sebuah usaha Koperasi  sebagai berikut:
a.    Pada dasarnya sesuai dengan Jati Diri Koperasi, SHU bukanlah satu2nya tujuan pengelolaan usaha koperasi, SHU bukanlah sebuah tanda/indikator  keberhasilan kinerja sebuah koperasi.
b.    Usaha Koperasi yang terutama adalah pelayanan kebutuhan anggota dan peningkatan nilai kesejahteraan yang diterima anggota, Koperasi bukanlah badan usaha yang profit oriented. ( nilai JATI DIRI KOPERASI )
c.    SHU adalah sebuah perhitungan akhir sebagai catatan tentang nilai nominal yang tersisa setelah Koperasi melakukan usaha untuk melayani kebutuhan anggota maupun memberikan sebuah nilai kesejahteraan yang dapat diterima oleh anggota, karena itu nilai nominal yang tersisa tidak pernah disebut sebagai laba atau keuntungan koperasi, tetapi disebut sebagai Sisa Hasil Usaha (SHU);  yaitu usaha melayani kebutuhan dan usaha memberikan  nilai kesejahteraan bagi anggota, pengurus, badan Pemeriksa maupun karyawan.

ISI LAPORAN :

            Secara lengkap isi pertanggungjawaban pengelolaan KPRI "JOYOBOYO" Kota Kediri selama  tahun 2010  dapat dikuti dalam paparan dibawah ini :

1.    BIDANG ORGANISASI

a.    Susunan pengurus , badan pengawas dan karyawan
No
Nama
Kedudukan
Masa bhakti
1
R. Nugroho M.
Ketua
2009 - 2011
2
Triyono Kutut P
Wakil Ketua
2009 - 2011
3
Budi Triono
Sekretaris
2009 - 2011
4
Sri  Eka Prapti
Wakil Sekretaris
2009 - 2011
5
Ratna Widiastuti
Bendahara
2009 - 2011
6
Kabul Basuki
Pembantu Umum
2009 - 2011
7
Suparlan
Pembantu Umum
2009 - 2011

No
nama
kedudukan
Masa bhakti
1
GE. Harry Muller
Koordinator  Pengawas
2008 -2010
2
Isnaeni Subandriyah
anggota
2009 - 2011
3
Masduki Cholil
anggota
2010 - 2012

No
Nama
Tugas pokok
Masa kerja
1
Eni Triwahyuni
Kasir
2003- sekarang
2
Tonik
Adm Pertokoan
2007- sekarang
3
Desiana
Adm Foto Copy
2009- sekarang

b.    Kegiatan Rapat

No
Jenis kegiatan
Jumlah kegiatan
keterangan
1
Rapat rutin Pengurus
  10 Kali    

2
Rapat Badan Pengawas
  3 Kali

3
Rapat bersama Pengurus dan Pengawas
  4 Kali

4
Rapat Anggota
  2 Kali

5.
Menghadiri undangan rapat
  5 Kali


c.    Kegiatan pembinaan karyawan dan anggota

No
Jenis kegiatan
Jumlah kegiatan
keterangan
1
Rapat pengurus dan
karyawan
12


d.    Kegiatan pemeriksaaan
No
Jenis kegiatan
Jumlah kegiatan
keterangan
1
pemeriksaan
2


e.    Kegiatan surat menyurat

No
Surat keluar
Surat masuk
1
57
19




f.     Jumlah Keanggotaan

NO
TAHUN
AWAL
MASUK
KELUAR
AKHIR
1.
2009
1711
144
87
1768
2.
2010
1768
145
188
1725


2.    BIDANG USAHA

a.    Pelayanan kredit uang

No
Bulan
Anggota yang dilayani
Nilai pelayanan
1
Januari
44
371.000.000
2
Pebruari
39
321.000.000
3
Maret
33
306.000.000
4
April
44
441.000.000
5
Mei
44
416.750.000
6
Juni
39
377.000.000
7
Juli
42
391.500.000
8
Agustus
41
368.500.000
9
September
21
178.000.000
10
Oktober
37
365.000.000
11
November
49
420.500.000
12
Desember
38
380.500.000

JUMLAH
471
4.336.750.000

b.    Pelayanan kredit barang dan sepeda motor

No
Bulan
Anggota yang dilayani
Nilai pelayanan
1
Januari
12
55.000.000
2
Pebruari
5
22.000.000
3
Maret
3
15.000.000
4
April
8
35.500.000
5
Mei
10
37.000.000
6
Juni
5
25.000.000
7
Juli
15
56.500.000
8
Agustus
12
47.000.000
9
September
8
28.800.000
10
Oktober
9
35.000.000
11
November
12
42.600.000
12
Desember
10
42.000.000

JUMLAH
109
441.400.000

c.    Pelayanan jasa foto copy dan pertokoan

No
Jenis usaha
kegiatan
Omzet usaha
1
Usaha pelayanan foto copy
Melayani permintaan focopy
21.504.700
2
Usaha pertokoan
Melayani kebutuhan barang pertokoan
42.256.300

3.    BIDANG PELAYANAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA

No
Wujud  Pelayanan
Anggota yang dilayani
Nilai pelayanan
1
Pemberian bingkisan Hari Raya idulfitri
     1705 orang Anggota
171.950.000
2
Bantuan Biaya Kesehatan
-
-
3
Tali asih masa purna tugas
75 orang Anggota
18.750.000
4
Tali asih pernikahan pertama
2 Orang Anggota
200.000
5
Santuan anggota yang meninggal dunia
-
-

4.    BIDANG PERMODALAN

a.    Modal sendiri

No
Jenis modal
Jumlah
keterangan
1
Simpanan Pokok
15.758.000

2
Simpanan wajib
2.238.614.922

3
Modal donasi
21.917.914

4
Dana Cadangan
376.566.554

5
Cadangan Pengembangan Usaha
601.415.947

6
Cadangan resiko
79.704.731

7
Simpanan PKPRI Kab/Kota Kediri
117.721.700


b.    Modal Pinjaman

No
Jenis modal
Jumlah
keterangan
1
Pinjaman ke PKPRI
40.000.000

2
Pinjaman ke Bank BNI
758.333.291

3
Simpanan Sukarela anggota
380.100.000






5.    INVENTARIS

NO.
NAMA BARANG
JUMLAH
KETERANGAN
1.
MEJA TULIS
3
BAIK
2.
KURSI LIPAT
3
BAIK
3.
TIMBANGAN DUDUK
1
BAIK
4.
MESIN KETIK
1
RUSAK
5.
KALKULATOR
2
BAIK
6.
ALMARI
1
BAIK
7.
SEPEDA MOTOR
1
BAIK
8.
SEPEDA
1
RUSAK
9.
RAK BESI
1
BAIK
10
ETALASE SEDANG
2
BAIK
11.
ETALASE KECIL
1
BAIK
12.
KIPAS ANGIN BERDIRI
1
BAIK
13.
KIPAS ANGIN ATAP
1
BAIK
14.
TELEPON
1
BAIK
15.
JAM DINDING
2
BAIK
16.
KURSI PUTAR
1
BAIK
17.
TAPE COMPO
1
BAIK
18.
KOMPUTER
2
BAIK
19.
PRINTER CANON
1
BAIK
20.
BRANKAS
1
BAIK
21.
MESIN FOTO COPY
1
BAIK
22.
PEMOTONG KERTAS
1
BAIK


6.    PELAKSANAAN RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA TAHUN BUKU 2010

a.    Pelaksanaan rencana anggaran pendapatan

No
Pendapatan
rencana
realisasi
Ket..
1.
Penerimaan bunga kredit uang
725.000.000
950.663.675

2.
Penerimaan bunga kredit barang
65.000.000
65.374.300

3.
Penerimaan usaha petokoan
1.000.000
5.277.420
Masih belum dimasukkan dalam neraca. Tahun 2010.
4.
Penerimaan usaha foto copy
6.000.000
5.569.800

5.
Penerimaan SHU PKPRI
2.000.000
2.586.445

6.
Penerimaan Sebrakan
1.000.000
823.250

7.
Penerimaan Bunga Bank
1.000.000
597.360

8.
Penerimaan Loket Listrik
-
-


JUMLAH PENERIMAAN
801.000.000
1.030.892.250


b.    Pelaksanaan rencana anggaran belanja.

No
Belanja
Rencana
Realisasi
Ket.
1.
Penyelenggaraan RAT  Tutup Buku 2008
92.900.000
81.630.250

2.
Penyelenggaraan RARK tahun 2009
11.650.000
16.103.250

3.
Kebutuhan Rapat Pengurus dan Karyawan
8.580.000
3.850.000


4.
Kebutuhan Rapat Pengurus dan Badan Pengawas
1.950.000
1.019.000

1             
5.
Kegiatan Pengawasan oleh Badan Pengawas
780.000
780.000


6.
Rapat kerja dengan perwakilan anggota

-
-

7.
Mengikuti rapat dengan PKPRI Kab/Kota Kediri, Dekopinda Kota Kediri dan Instansi / lembaga lain lain.
500.000
200.000


8.
Penyelenggaraan rapat koordinasi dengan lembaga terkait.
-
-

9.
Pengadaan buku buku organisasi
-
-

10.
a.    Pengadaan alat tulis menulis kantor (ATK)
b.    2. Rekening telepon

3.600.000
1.800.000

1.914.550
1.864.514

11.
Honorarium karyawan
15.600.000
15.600.000


12.
Uang kehormatan :
a.    Pelindung, Penasehat,
b.    Pengurus
c.    Badan Pengawas

3.000.000
30.000.000
9.600.000

3.500.000
31.050.000
9.600.000

13.
Bantuan transport pembinaan oleh Instansi/Pejabat yang kompeten
1.200.000
-

14.
Biaya Operasional organisasi
-
-

15.
Biaya pemeliharaan inventaris
2.750.000
530.400

16.
Biaya pengadaan peralatan inventaris
1.200.000
-

17.
Biaya penyusutan barang inventaris
10.000.000
10.000.000

18.
Biaya mengikuti pendidikan yang diselenggarakan Instansi / lembaga terkait
400.000
-

19.
Biaya diklat anggota koperasi
11.300.000
--
gabung RARK
20.
Biaya pembayaran bunga pinjaman pihak ketiga/bank

145.800.024
145.600.331

21.
Biaya pembayaran bunga simpanan sukarela
12.000.000
26.810.600

22.

Biaya penyusutan hutang anggota
20.000.000
20.000.000

23.
Pemberian bingkisan hari raya Idul Fitri / natal / hari raya yang lain.
171.400.000
171.950.000

24.
Pemberian bantuan / santunan biaya rawat inap bagi anggota yang sakit.
1.000.000
-

25.
Pemberian bantuan/tali asih  anggota yang pensiun/purna tugas / meninggal dunia
12.500.000
18.750.000

26.
Pemberian bantuan/tali asih  anggota yang melangsungkan pernikahan pertama kali.
2.500.000
200.000

27.
Pemberian bantuan  kepada  anggota yang meninggal Dunia
1.500.000

Di gabung pensiun
28.
Biaya Lembur
1.500.000
175.000

29.
Fee Juru Bayar
8.000.000
8.395.000

30.
Biaya Lain-Lain
3.000.000
185.000

31.
Biaya kesejahteraan anggota

203.250.926

32.
Biaya kesejahteraan Pengurus

45.166.873

33.
Biaya kesejahteraan Karyawan

22.583.436

34.
Pajak Kendaraan
200.000
234.785

35.
BBM
-
600.000

36.
ADM BANK
-
2.403.425


JUMLAH PENGELUARAN
586.210.024

843.947.340



7.    LAMPIRAN

a.    Laporan neraca periode 01 -01- 2010 s/d 31-12-2010
b.    Laporan rugi laba
c.    Laporan khusus usaha pertokoan
d.    Daftar simpanan anggota dapat dilihat di Blogspot : www.kprijoyoboyo.blogspot.com

8.    PENUTUP

Dalam laporan ini perlu disampaikan pula bahwa seiring pemanfaatan jaringan on line di Internet dengan pembuatan blog yang diberikan nama : www.kprijoyoboyo.blogspot.com dan email dengan nama : kprijoyoboyo.gmail.com maka laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Badan Pemeriksa KPRI “ Joyoboyo “ tutup buku 2010 juga dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh anggota pada blogspot diatas, dan saran serta tanggapan anggota dapat juga disampaikan melalui email pada alamat email diatas.
Demikian Laporan yang dapat disampaikan oleh Pengurus dalam rangka memberikan gambaran kehidupan KPRI "JOYOBOYO" Kota Kediri.; apabila disana sini terdapat kekurangan dalam laporan ini Pengurus mohon maaf kepada seluruh anggota.
Selanjutnya diserahkan sepenuhnya penilaian  kepada forum rapat anggota Tahunan KPRI  "JOYOBOYO" Tutup Buku 2010, atas segala perhatian , dukungan dan kerjasama seluruh anggota dalam rangka mengembangkan dan memajukan KPRI “ JOYOBOYO “ disampaikan penghargaan dan terimakasih

Kediri, tgl  31 Desember 2010


PENGURUS KPRI “ JOYOBOYO “ PEMKOT KEDIRI


KETUA                                   :             R.NUGROHO M                   


WAKIL KETUA                     :           TRIYONO KUTUT P.           
           

SEKRETARIS I                    :           BUDI TRIONO                      


SEKRETARIS II                   :           SRI EKA PRAPTI                


BENDAHARA                      :           RATNA WIDIASTUTI           


PEMBANTU UMUM I          :           SUPARLAN                        


PEMBANTU UMUM II         :           KABUL BASUKI                   

Tidak ada komentar: